Sosialisasi Program Sekolah SMAN 1 Jogonalan T.P.2023/2024

Membangun Sinergi Pendidikan Berkualitas

Pada hari Rabu, 13 September 2023, SMAN 1 Jogonalan menyelenggarakan acara sosialisasi program sekolah tahunan yang sangat dinantikan T.P.2023/2024. Acara ini menjadi jembatan penting antara sekolah, komite sekolah, dan wali murid kelas X, membuka lembaran baru dalam perjalanan pendidikan siswa. Setiap tahunnya sekolah SMAN 1 Jogonalan selalu mengadakan acara temu muka antara sekolah dengan para orang tua murid. Hal ini menandakan transparansi semua kegiatan program sekolah yang dapat menumbuhkan kebersamaan antara keluarga peserta didik dan pihak sekolah.

aktifitas acara sosialisasi program sekolah tahun 2023-2024

Pentingnya Pertemuan Program Sekolah Tahunan

Pertemuan tahunan ini, yang diadakan di awal tahun ajaran, bukan hanya sekadar acara rutin. Ini adalah forum vital untuk menyampaikan program-program sekolah dan mempererat hubungan antara sekolah dengan wali murid. Kepala SMAN 1 Jogonalan, Bapak Robertus Susanto, S.Pd., membuka acara dengan sambutan hangat, menekankan pentingnya kerjasama dan komunikasi antara sekolah dan keluarga dalam mendukung pendidikan siswa.

sosialisasi program sekolah sman 1 jogonalan

Visi-Misi dan Perkenalan Sosialisasi Program Sekolah SMAN 1 Jogonalan

Dalam sambutannya, Bapak Kepala Sekolah tidak hanya memperkenalkan diri kepada wali murid kelas X, tetapi juga menggaris-bawahi visi-misi SMAN 1 Jogonalan. Beliau juga memperkenalkan wali kelas X, mengundang wali murid untuk membangun komunikasi yang lebih intensif dengan pihak sekolah.

Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak

Ketua Komite SMAN 1 Jogonalan, Bapak Supana, dalam sambutannya, menekankan peran orang tua sebagai mediator dan pengontrol dalam pendidikan anak. Beliau menguraikan konsep ‘Catur Pendidikan’ yang meliputi pendidikan di rumah, sekolah, masyarakat, dan pembentukan diri anak, serta mengajak orang tua untuk mendukung program-program sekolah.

Baca Juga  Pembelahan sel & Reproduksi Tidak Selalu Identik

Program Sekolah dan Pendidikan Karakter Siswa/i

Bapak Kepala Sekolah kemudian menyampaikan sosialisasi program sekolah, menyoroti pentingnya pendidikan karakter yang dimulai dari keluarga dan masyarakat. Beliau juga menekankan pada proyek penguatan profil pelajar Pancasila sebagai bagian dari pendidikan karakter di sekolah, serta pentingnya sekolah dalam mengembangkan potensi akademik dan karakter siswa.

Kurikulum dan Kesiswaan

Ibu Harsi Rusmini, S.Pd, Waka Kurikulum, memaparkan tentang program Kurikulum T.P. 2023/2024, termasuk Kurikulum Merdeka dan berbagai aspek pembelajaran lainnya. Sementara itu, Ibu Sri Wahyuningsih, S.Pd, Waka Kesiswaan, menyampaikan tentang program kesiswaan yang mencakup ekstrakurikuler dan berbagai kegiatan lain yang mendukung pengembangan siswa.

Partisipasi Aktif Wali Murid

Acara sosialisasi sekolah dan orang tua siswa/i ini juga menjadi platform bagi wali murid untuk berpartisipasi aktif dalam pendidikan anak-anak mereka. Melalui sesi tanya jawab, wali murid diberikan kesempatan untuk menyampaikan pertanyaan, saran, dan masukan terkait program sekolah. Partisipasi ini mencerminkan komitmen bersama dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang mendukung dan inklusif.

Integrasi Teknologi dalam Pendidikan

Salah satu topik penting yang dibahas dalam sosialisasi program sekolah ini adalah integrasi teknologi dalam proses pembelajaran peserta didik khususnya kelas X. Pihak SMAN 1 Jogonalan menekankan pada pentingnya memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan mempersiapkan siswa dalam menghadapi tantangan di era digital.

Kegiatan Ekstrakurikuler dan Pengembangan Diri

Sosialisasi program sekolah TP 2023/2024 juga menyoroti berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang ditawarkan oleh SMAN 1 Jogonalan. Program-program ini dirancang untuk mengembangkan bakat dan minat siswa di luar lingkup akademik, seperti olahraga, seni, musik, dan kegiatan sosial, yang semuanya berkontribusi pada pengembangan karakter dan keterampilan sosial siswa.

Kesehatan dan Keselamatan Siswa

Sisi kesehatan dan keselamatan siswa menjadi prioritas utama di SMAN 1 Jogonalan. Dalam sosialisasi, dijelaskan berbagai langkah dan protokol yang diterapkan sekolah untuk memastikan lingkungan belajar yang aman dan sehat, termasuk program kesehatan mental dan dukungan psikologis bagi siswa.

Baca Juga  Perkuat Hubungan Diplomatik Indonesia & Australia Melalui Seni Budaya

Dukungan Terhadap Prestasi Siswa/i

SMAN 1 Jogonalan berkomitmen untuk mendukung prestasi siswa di berbagai bidang. Baik itu dalam akademik, olahraga, seni, atau kegiatan lainnya, sekolah berupaya memberikan sumber daya dan bimbingan yang diperlukan untuk membantu siswa mencapai potensi terbaik mereka.

Kesimpulan

Acara sosialisasi program sekolah di SMAN 1 Jogonalan, Klaten adalah langkah penting dalam membangun sinergi antara sekolah, orang tua, dan siswa. Dengan komitmen bersama, kita dapat menciptakan lingkungan pendidikan yang kondusif, mendukung pertumbuhan intelektual dan karakter siswa, serta mempersiapkan mereka untuk masa depan yang cerah dan produktif.