Program Ekstrakurikuler Wajib Aktualisasi Pendidikan Kepramukaan

Salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang memainkan peran penting dalam hal ini adalah kegiatan pendidikan kepramukaan. Di era modern ini, pendidikan tidak lagi terbatas pada ruang kelas. Sekolah tidak hanya menjadi tempat untuk belajar teori, tetapi juga tempat untuk mengembangkan keterampilan, karakter, dan kepemimpinan.

peserta kegiatan aktualisasi pendidikan kepramukaan sman 1 jogonalan

Di SMAN 1 Jogonalan, kegiatan wajib program aktualisasi pendidikan kepramukaan tidak hanya sekadar rutinitas, tetapi merupakan kesempatan untuk mendorong siswa dalam mengaktualisasikan potensi mereka dan membentuk karakter yang tangguh. Pada tahun ini kegiatan aktualisasi kepramukaan SMAN 1 Jogonalan dilakukan dengan kegiatan berbagi pengalaman bersama adik adik TK serta melakukan bakti masyarakat dengan cara membersihkan tempat ibadah.

kegiatan membersihkan tempat ibadah dalam program aktualisasi pendidikan kepramukaan SMAN 1 Jogonalan

Aktifitas Aktualisasi Pendidikan Kepramukaan SMAN 1 Jogonalan

SMAN 1 Jogonalan merupakan salah satu sekolah menengah atas yang terletak di kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Sekolah ini dikenal tidak hanya karena prestasi akademiknya yang gemilang, tetapi juga karena kegiatan ekstrakurikuler yang beragam dan berkualitas. Salah satu kegiatan ekstrakurikuler wajib yang menjadi andalan dan memiliki dampak positif yang besar adalah kegiatan pendidikan kepramukaan.

Menurut Peraturan MENDIKBUD RI untuk kegiatan ekstrakurikuler pendidikan kepramukaan wajib dilakukan dengan menginternalisasikan dasar nilai-nilai ketuhanan, budaya, kepemimpinan, kebersamaan, sosial masyarakan, cinta alam lestari dan kepribadian para peserta didik.

Sedangkan dalam pelaksaan kegiatan pendidikan kepramukaan menurut Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 63 Tahun 2014 dijelaskan bahwasannya kegiatan kepramukaan dilaksanakan dalam tiga model. Ketiga model tersebut antara lain :

  • Kegiatan Model Blok merupakan kegiatan wajib dalam bentuk perkemahan yang dilaksanakan setahun sekali dan diberikan penilaian umum.
  • Kegiatan Model Aktualisasi merupakan kegiatan wajib dalam bentuk penerapan sikap dan keterampilan yang dipelajari didalam kelas yang dilaksanakan dalam kegiatan Kepramukaan secara rutin, terjadwal, dan diberikan penilaian formal.
  • Kegiatan Model Reguler merupakan kegiatan sukarela berbasis minat peserta didik yang dilaksanakan di Gugus depan.
Baca Juga  Pentingnya Pendidikan di Tahun 2024: Menghadapi Tantangan dan Membangun Masa Depan

Program Kegiatan Ekstrakurikuler Pendidikan Kepramukaan di SMAN 1 Jogonalan

Kegiatan pendidikan kepramukaan di SMAN 1 Jogonalan tidak hanya terbatas pada pertemuan rutin di lapangan atau perayaan Hari Pramuka setiap tahunnya. Lebih dari itu, kegiatan pendidikan kepramukaan di sekolah ini dirancang sedemikian rupa untuk memberikan pengalaman yang beragam dan memperkaya pembelajaran siswa di luar kelas.

Pendalaman Materi Pramuka

Dalam kegiatan ekstrakurikuler pendidikan kepramukaan, siswa tidak hanya belajar tentang dasar-dasar kepramukaan seperti penggunaan tanda-tanda kepramukaan atau teknik berkemah. Mereka juga diajak untuk mendalami nilai-nilai dasar pendidikan kepramukaan seperti kejujuran, kedisiplinan, dan kerjasama melalui berbagai kegiatan simulasi dan permainan peran.

Kegiatan Outdoor

Salah satu aspek penting dari pendidikan kepramukaan adalah kemampuan bertahan hidup dan kemandirian di alam terbuka. Oleh karena itu, kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan di SMAN 1 Jogonalan sering kali melibatkan kegiatan outdoor seperti kemah, hiking, atau outbound. Hal ini tidak hanya meningkatkan keterampilan fisik siswa, tetapi juga membantu mereka mengatasi tantangan dan mengembangkan keberanian serta rasa tanggung jawab.

Pelayanan Masyarakat

Salah satu prinsip utama dari Gerakan Pramuka adalah melayani masyarakat. Oleh karena itu, kegiatan ekstrakurikuler pendidikan kepramukaan di SMAN 1 Jogonalan juga mengutamakan kegiatan sosial dan pelayanan masyarakat. Siswa diajak untuk terlibat dalam berbagai kegiatan seperti kerja bakti, donor darah, atau mengajar di sekolah-sekolah dasar setempat. Hal ini tidak hanya memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar, tetapi juga mengajarkan siswa tentang pentingnya kepedulian dan empati terhadap sesama.

Manfaat Aktualisasi Kepramukaan bagi Siswa/i

Partisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler pendidikan kepramukaan di SMAN 1 Jogonalan memberikan manfaat yang besar bagi perkembangan siswa, baik secara pribadi maupun akademis. Beberapa manfaat tersebut antara lain:

Baca Juga  Perkuat Hubungan Diplomatik Indonesia & Australia Melalui Seni Budaya

Pengembangan Karakter

Melalui kegiatan pendidikan kepramukaan, siswa dapat mengembangkan karakter yang kuat seperti kepemimpinan, kerjasama, tanggung jawab, dan keberanian. Mereka diajak untuk menghadapi tantangan, bekerja sama dalam tim, dan mengambil inisiatif, yang semuanya merupakan keterampilan penting untuk sukses dalam kehidupan.

Peningkatan Keterampilan

Kegiatan outdoor seperti berkemah atau hiking membantu siswa untuk mengembangkan keterampilan bertahan hidup, orientasi di alam terbuka, dan kemandirian. Selain itu, kegiatan sosial seperti pelayanan masyarakat mengasah keterampilan komunikasi, kepemimpinan, dan empati.

Pembelajaran Holistik

Kegiatan ekstrakurikuler pendidikan kepramukaan menawarkan pembelajaran holistik yang tidak hanya terbatas pada aspek akademis, tetapi juga melibatkan pengembangan fisik, emosional, dan sosial siswa. Hal ini membantu siswa untuk menjadi individu yang seimbang dan siap menghadapi berbagai tantangan dalam kehidupan.

Kesimpulan

Kegiatan pendidikan kepramukaan di SMAN 1 Jogonalan bukan hanya sekadar kegiatan ekstrakurikuler biasa. Lebih dari itu, kegiatan ini merupakan sarana untuk mengaktualisasikan potensi siswa, membangun karakter yang tangguh, dan membentuk pemimpin-pemimpin masa depan yang berkualitas. Dengan pendekatan yang holistik dan beragam, kegiatan pendidikan kepramukaan di sekolah ini membawa dampak positif yang besar bagi perkembangan siswa secara pribadi dan akademis.

Akun Resmi Kami :
Instagram: @smanjogsa_official
Tiktok: @sman1jogonalan
Facebook: @Sman jogsa
YouTube: SMAN 1 JOGONALAN
Website: smun1jogonalan.sch.id
#sman1jogonalan
#sekolahintegritas
#smanjogsa
#jogsajuara
#jogsa