Kenali Ciri Khas Sekolah Bermutu Terbaik

Menapak Jejak Pendidikan Berkualitas Terbaik

Dalam era pendidikan modern, menentukan ciri-ciri sekolah bermutu dan berkualitas terbaik menjadi penting untuk memastikan kualitas pendidikan yang diberikan. Penilaian sekolah bermutu tidak hanya dilihat dari prestasinya di tingkat akademik, tetapi juga dari berbagai aspek lain yang mendukung perkembangan holistik siswa/i.

ciri khas sekolah bermutu

7 Kriteria Umum Ciri Sekolah Bermutu

Terdapat beberapa kriteria umum ciri khas sekolah bermutu dimana menunjukkan kualitas pendidikan terhadap peserta didik dipastikan lebih berkualitas. Dalam artikel ini akan kita ulas 7 kriterdia umum ciri sekolah bermutu dan mengeksplorasi berbagai ciri yang menjadi penanda sekolah bermutu nan berkualitas.diantaranya:

1. Lingkungan Pembelajaran yang Mendukung

Ciri sekolah bermutu pertama yakni menyediakan lingkungan pembelajaran yang aman, nyaman, dan kondusif. Hal ini tidak hanya mencakup fasilitas fisik seperti ruang kelas yang memadai, laboratorium, perpustakaan, dan area bermain, tetapi juga suasana yang mendukung kreativitas dan inovasi. Lingkungan yang positif ini mendorong siswa untuk belajar dengan lebih efektif.

2. Kurikulum yang Beragam dan Fleksibel

Kurikulum yang digunakan harus mampu mengakomodasi kebutuhan belajar yang beragam serta terus berkembang mengikuti perkembangan zaman. Sekolah yang bermutu sering kali menerapkan kurikulum yang fleksibel dan integratif, memasukkan aspek keterampilan hidup, literasi digital, dan pendidikan karakter.

Baca Juga  Program Ekstrakurikuler Wajib Aktualisasi Pendidikan Kepramukaan

3. Tenaga Pengajar yang Kompeten dan Berdedikasi

Guru yang berkualitas adalah kunci utama dalam pendidikan. Sekolah bermutu memiliki tenaga pengajar yang tidak hanya kompeten dalam bidangnya, tetapi juga memiliki dedikasi tinggi dalam mendidik dan menginspirasi siswa. Mereka terus mengembangkan metode pengajaran yang inovatif dan efektif.

4. Keterlibatan Siswa dalam Berbagai Aspek

Sekolah bermutu memberikan kesempatan bagi siswa untuk terlibat aktif dalam berbagai kegiatan, baik akademik maupun ekstrakurikuler. Melalui kegiatan-kegiatan ini, siswa dapat mengembangkan keterampilan sosial, kepemimpinan, dan kerja sama tim.

5. Pengakuan dan Akreditasi

Pengakuan dan akreditasi dari lembaga pendidikan yang terkait menjadi salah satu indikator kualitas sekolah. Sekolah bermutu biasanya memiliki sertifikasi atau pengakuan dari lembaga pendidikan nasional atau internasional.

6. Kolaborasi dengan Komunitas dan Industri

Sekolah yang bermutu sering kali terlibat dalam kolaborasi dengan komunitas lokal dan industri untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih nyata dan aplikatif. Kerjasama ini dapat berupa program magang, kunjungan industri, atau proyek sosial.

7. Fokus pada Pengembangan Karakter Siswa/i

Selain prestasi akademik, sekolah bermutu juga menitikberatkan pada pengembangan karakter siswa. Hal ini termasuk pembentukan nilai-nilai seperti integritas, empati, dan tanggung jawab.

13 Ciri-Ciri Sekolah Bermutu (Edward Sallis, Sudarwan Danim)

Apabila merujuk pada pemikiran Edward Sallis, Sudarwan Danim (2006) mengidentifikasi 13 ciri-ciri sekolah bermutu, yaitu:

  1. Sekolah berfokus pada pelanggan, baik pelanggan internal maupun eksternal.
  2. Sekolah berfokus pada upaya untuk mencegah masalah yang muncul , dengan komitmen untuk bekerja secara benar dari awal.
  3. Sekolah memiliki investasi pada sumber daya manusianya, sehingga terhindar dari berbagai “kerusakan psikologis” yang sangat sulit memperbaikinya.
  4. Sekolah memiliki strategi untuk mencapai kualitas, baik di tingkat pimpinan, tenaga akademik, maupun tenaga administratif.
  5. Sekolah mengelola atau memperlakukan keluhan sebagai umpan balik untuk mencapai kualitas dan memposisikan kesalahan sebagai instrumen untuk berbuat benar pada masa berikutnya
  6. Sekolah memiliki kebijakan dalam perencanaan untuk mencapai kualitas, baik untuk jangka pendek, jangka menengah maupun jangka panjang.
  7. Sekolah mengupayakan proses perbaikan dengan melibatkan semua orang sesuai dengan tugas pokok, fungsi dan tanggung jawabnya.
  8. Sekolah mendorong orang dipandang memiliki kreativitas, mampu menciptakan kualitas dan merangsang yang lainnya agar dapat bekerja secara berkualitas.
  9. Sekolah memperjelas peran dan tanggung jawab setiap orang, termasuk kejelasan arah kerja secara vertikal dan horozontal.
  10. Sekolah memiliki strategi dan kriteria evaluasi yang jelas.
  11. Sekolah memandang atau menempatkan kualitas yang telah dicapai sebagai jalan untuk memperbaiki kualitas layanan lebih lanjut.
  12. Sekolah memandang kualitas sebagai bagian integral dari budaya kerja.
  13. Sekolah menempatkan peningkatan kualitas secara terus menerus sebagai suatu keharusan
Baca Juga  PENGUMUMAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) TAHUN AJARAN 2023/2024

Sumber : Sudarwan Danim. 2006. Visi Baru Manajemen Sekolah: Dari Unit Birokrasi ke Lembaga Akademik. Jakarta: Bumi Aksara.

Kesimpulan

Ciri sekolah bermutu adalah lembaga pendidikan pembelajaran terbaik yang tidak hanya fokus pada pencapaian akademik, tetapi juga pada pengembangan siswa secara menyeluruh. Dari lingkungan pembelajaran yang mendukung, tenaga pengajar yang kompeten, hingga fokus pada pengembangan karakter, setiap aspek berkontribusi pada penciptaan generasi masa depan yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga kaya akan nilai dan keterampilan hidup. Sekolah-sekolah yang memiliki ciri-ciri ini akan menjadi fondasi yang kuat untuk pendidikan masa depan.