Pojok Ilmu

PASKIBRA 2019

Bulan Agustus adalah agenda rutin kami PASKIBRA SMA N 1 JOGONALAN yang memiliki nama keren PRAMADHARMA TARUNA (PRADHATA), karena Bulan ini adalah bulan istimewa bagi bangsa INdonesia dan juga bagi kami.

Kami selalu mendapatan tugas rutin dari Pemerintah Kecamatan Jogonalan untuk menjadi TIM PASKIBRA pada Upacara HUT RI yang pada tahun ini adalah HUT RI ke 74.

Sebuah tanggung jawab besar bagi kami dan tidaklah ringan dan mudah bagi kami untuk melaksanakannya.

10 hari PBB

Kegiatan awal kami adalah melakukan penjaringan calon paskibra dari siswa kelas X yang baru masuk untuk dapat bergabung dengan para seniornya, Penjaringan dilakukan dengan kegiatan 10 hari PBB dari tanggal 17 Juli – 27 Juli 2019. Kegiatan ini juga bertujuan untuk menumbuhkan dan memupuk kedisiplinan pada para siswa baru SMA N 1 jogonalan agar manjadi siswa yang DISIPLIN, TETEG, TATAG, TAGGUH, TANGGON dan TREGGINAS, yang kami harapkan sikap – sikap itu akan terimplementasikan dalam kehidupannya sebagai siswa, anggota masyarakat dan juga sebagai anak dalam keluarga.

10 hari BARIS bukanlah ringan, BERAAAATTTT bro. Di bawah terik matahari mulai pukul 14.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB siswa baru kelas X dilatih untuk disiplin, konsentrasi terhadap aba2 oleh para seniornya. Latihan fisik dan mental yang berat tidak membuat siswa baru kelas X patah semangat dan asa untuk mampu meraih tempat yang bergengsi menjadi TIM PASKIBRA.

Dalam kegiatan 10 hari baris, kami berusaha menyatukan mereka, menghilangkan ego mereka. Siswa baru tidak boleh lagi mengelompok hanya dengan temen dari SMP nya, mereka harus membaur menjadi SATU NAMA…….. KAMI SISWA SMA N 1 JOGONALAN.

Dari kegiatan 10 hari baris terjaring 45 calon PASKIBRA yang akan bergabung dengan seniornya untuk melanjutkan latihan selama 15 hari lagi sehingga benar2 siap menjalankan tuga Pengibaran bendera di hari tanggal 17 Agustus 2019.

Latihan di tingkat kecamatan dilatih oleh pelatih Utama dari personil TNI dari Koramil Kecamatan Jogonalan. Latihan ditingkat kecamatan lebih berat, dan dititik beratkan pada manuver pergerakan pasukan saat pengibaran dan penurunan bendera di hari tanggal 17 Agustus 2019

Semangat, selamat berlatih dan menjalankan tugas mulia para siswa….. !!!

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply