Pojok Ilmu

2019 SMA N 1 Jogonalan Jawara di Daerah dan Nasional

Proses pendidikan formal di sekolah memiliki 2 (dua) tujuan utama, yaitu Academic Building dan Character Building.  Hasil pendidikan yang PURNA bagi lulusan sekolah adalah tercapaianya penguasaan Kompetensi Akademik dan terbentuknya karakater yang baik.

Pengembangan Kompetensi akademik oleh sekolah dilaksanakan dalam kegiatan KBM secara terjadwal, tersusun dalam kurikulum yang baku sebagai kegiatan intra di sekolah. Sedangkan Pengembangan Karakter di sekolah dapat dilakukan melalui proses pembiasan yang baik dalam kehidupan di sekolah, juga melalui pelaksanaan kegiatan Ekstra kurikuler. Banyaknya jenis kegiatan ekstra kurikuler yang disediakan oleh sekolah dapat menjadi salah satu indikator kemajuan dan keunggulan sekolah.

Mutu sekolah sebagai cerminan efektivitas proses Pengembangan Potensi Akademik dan Pengembangan Karakter siswa dapat dilihat dari prestasi yang diraih oleh siswanya , yang menunjukkan kemampuan siswa dalam bersaing dengan siswa sekolah yang lain.

SMA Negeri 1 Jogonalan, sebagai salah satu SMA favorit pilihan masyarakat mampu menunjukkan eksistensinya di masyarakat baik ditingkat Kabupaten Klaten, Propinsi bahkan Nasional. Keberanian siswa dalam berkompetisi di tingkat nasional ternyata memetik hasil manis, siswa kami Kristiawan Dwi Uswanto mampu menyabet JUARA 1 NASIONAL Lomba Line Follower di bidang Robotika yang diselenggarakan oleh STT PLN Jakarta. Dibidang Geologi Kebumian SMA N 1 Jogonalan juga mampu bertengger di peringkat 7 Nasional dalam lomba Geo Science yang diselenggarakan oleh BIKK LIPI Karang sambung Kebumen.

Dibidang non akademik, kamipun mampu menunjukkan prestasi yang sangat “prestisius” yaitu menjadi JUARA 1 Pemilihan MBAK Klaten tahun 2019 yang diraih oleh CAYA KARTIKA PUTRI, yang selanjutnya akan mewakili Kabupeten Klaten dalam mengikuti pemilihan Mas dan Mbak ditingkan Jawa Tengah. Tak ketinggalan TIM PASKIBRA SMA N 1 JOGONALAN yang bernama PRADHATA (Prama Dharma Taruna) mampu menyapu bersih semua kategori kejuaran LBB tingkat propinsi Jawa Tengah – DIY yang diselenggarakan oleh SMAN 7 Yogyakarta dan menjadi JUARA UMUM nya.

Adapun secara Lengkap Perolehan Piala Kejuaraan oleh SMA N 1 JOgonalan di tahun 2019 ini adalah :

  1. Kristiawan Dwi Usmanto  Juara I Lomba Line Follower tingkat Nasional
  2. Tim Paskibra (PRADHATA) Juara Umum Lomba Baris – Berbaris tingkat DIY – Jawa Tengan yaitu : Danton Terbaik, Gerakan INTI BARIS Terbaik, Gerakan Formasi dan Variasi Terbaik dan TIM Pelatih Terbaik.
  3. Caya Kartika Putri, Juara I Lomba MBAK KLaten
  4. Arsyalli Romadhoni JUara I Lomba Fashion Batik Pelajar Putri tingkat Kabupaten Klaten.
  5. Nimas Ayu Aulia Azhari Juara III Lomba Karya Tulis Sekolah INKLUSI tingkat Jawa Tengah
  6. Rihan Ahzamy Syahnata Juara III lomba Fashion Batik Pelajar Putra Tingkat Kabupaten Klaten
  7. Arrahman Bintang Juara 1 Lomba Tahfidz dan Tilawatil Qur’an Pelajar Tingkat Kabupaten Klaten
  8. Nurul Fadhilah Juara III Lomba Tartil Qur’an Pelajar Tingkat Kabupaten Klaten.
  9. Tim Vocal Group SMA JOGSA Juara II Pekan Seni Pelajar Tingkat Kabupaten Klaten
  10. Tim Tari SMA JOGSA Juara II Pekan Seni Pelajar Tingkat Kabupaten Klaten.
  11. Melati Juara II Pekan Seni Pelajar bidang GEGURITAN Tingkat Kabupaten Klaten.
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply